Kamis, 22 Juli 2010

Beragam Teori Kepemimpinan


Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard (1982) menyatakan bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam situasi tertentu.

Sementara Burt Nanus dalam bukunya The Leader’s Edge : The Seven Keys to Leadership in a Turbulent World menyatakan bahwa “leaders take charge, make things happen, dream dreams, and then translate them into reality. Leaders attract the voluntary commitment of followers, energize them and transform organizations into new entities with greater potential for survival, growth and excellence.”

Rodman L Drake dalam tulisannya, “Leadership: It’s a Rare Blend of Traits” menyatakan bahwa pemimpinlah yang menentukan kemana arah bisnis, arah tujuan internal maupun tujuan eksternal dan menyelaraskanaset dan keterampilan organisasi dengan kesempatan dan resiko yang dihadapkan oleh lingkungan.

Dwight D. Eisenhower menyatakan “Leadership : the art of getting someone else to do something you want done because he wants to do it.”

Mary Miles mengungkapkan, kepemimpinan bukan sesuatu yang sederhana. Penggunaan wewenang secara konstruktif mencakup kemampuan untuk merumuskan sasaran dengan jelas serta menentukan langkah yang perlu diambil untuk mencapainya, termasuk menghimbau orang agar melakukan apa yang anda kehendaki. Persyaratannya adalah kerja keras, percaya diri, keterampilan berkomunikasi yang baik dan kesadaran akan kekuatan anda sendiri.

Menurut Sarros dan Butchatsky (1996), "leadership is defined as the purposeful behaviour of influencing others to contribute to a commonly agreed goal for the benefit of individual as well as the organization or common good". Menurut definisi tersebut, kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.

Atas dasar itu dapatlah disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penatan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar: