Rabu, 03 Februari 2010

Sherlock Holmes; The Movie


Sherlock Holmes adalah karakter fiktif karya novelis Inggris, Arthur Conan Doyle. Sherlock Holmes, seorang detektif swasta terkenal di Inggris, yang kerap menangani kasus-kasus rumit dengan logikanya.

Sherlock Holmes yang diangkat ke film mengisahkan tentang terbongkarnya sebuah aliran hitam yang diketuai oleh Lord Blackwood (Mark Strong). Aliran sesat ini dibongkar oleh Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr.) bersama rekannya yang seorang dokter, John Watson (Jude Law).

Blackwood dipenjara dan dijerat hukuman mati karena telah membunuh perempuan untuk dikorbankan dalam upacara aliran hitam tersebut. Sehari setelah dihukum gantung, makam Blackwood hancur dari dalam. Di peti mati ternyata bukan mayat Blackwood yang ditemukan, melainkan mayat orang lain.

Rumor tentang Blackwood yang bangkit dari dalam kubur menghantui rakyat Inggris. Holmes pun dipercaya kembali untuk menyelidiki kasus hilangnya mayat Blackwood itu.

'Sherlock Holmes' sangat cocok bagi Anda penyuka film yang penuh dengan teka-teki. Meski begitu, jalan cerita 'Sherlock Holmes' tidak terlalu rumit. Perlahan-lahan fakta terbuka dengan menggunakan alur mundur dalam film ini.

Yang saya soroti adalah penokohan terhadap Sherlock Holmes dan dr. Watson yang sepertinya benar-benar diluar pakem Holmes yang selama ini ada. Bila biasanya digambarkan bahwa Holmes adalah “gentlemen” sejati, maka di film ini akan kebalikannya. Begiti juga tokoh dr. Watson yang biasanya digambarkan hanya sebagai pelengkap saja dari tokoh Holmes dengan figure yang kurang menonjol namun di film ini dr. Watson adalah pria gagah dan “gentlemen” sejati. Maka, sepertinya aura dominasinya akan lebih menonjol pada tokoh dr. Watson dibandingkan Holmes yang tampak cengengesan. Atau jangan pula membayangkan akan melihat Holmes dengan topi dan pakaian khasnya yang selama ini menjadi cirri khas tokoh ini, yang ada adalah Holmes yang urakan, dan sedikit acak-acakan juga eksentrik.
Disutradarai oleh Guy Ritchie,'Sherlock Holmes' disetting pada akhir tahun 1800-an di Inggris. Mantan suami Madonna itu membuat suasana film 'Sherlock Holmes' tidak terlalu mencekam dengan karakter Holmes dan Watson yang serius tapi santai. Malahan, ada beberapa dialog dan adegan perkelahian yang membuat penonton tertawa. Maklum saja, salah satu penulis skenarionya adalah Simon Kinberg yang pernah menulis skenario untuk film-film yang penuh dengan adegan dan dialog humor seperti ' Charlie's Angels: Full Throttle' dan 'Night at the Museum: Battle of the Smithsonian'.

Sedangkan untuk para pemainnya, kemampuan Robert Downey, Jr. dan Jude Law yang sudah lama melanglang buana di Hollywood sepertinya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Mereka berdua, ditambah Rachel Mcadams, sebagai Irene Adler, berhasil memukau penonton dengan gaya yang serius tapi santai. Bahkan, Robert Downey, Jr. masuk nominasi Golden Globe Award dalam kategori Aktor Terbaik untuk film musikal atau komedi.

Tidak ada komentar: